Home » iMe

Category Archives: iMe

Categories

test

[php snippet=1]

Test

Membuat Aplikasi Mobile MyArtipena

Selamat Datang Sahabat

Selamat berjumpa kembali pada Cermi Romzi, Kali ini Romzi ada misi untuk membuat mobile apps, dimana mobile apps ini terasa sangat istimewa lhoo.. Mau tau kenapa?ūüė䬆Karena itu semua Romzi lakukan dengan Cinta, hehe¬†ūüėĄ¬†Dalam tahap awal ini Romzi coba mengulik bagaimana cara membuat mobile apps dengan cepat, ketemu Romzi dengan sebuah artikel yang ditulis Disini¬†Romzi mengikuti artikel tersebut untuk menggunakan¬†http://apps.apps-builder.com

How to
  1. Pertama membuat akun pada http://apps.apps-builder.com 
  2. Buat aplikasi default
  3. Buat susunan tabs
  4. Setelah tab sudah terbuat maka tahap selanjutnya yaitu mengisi konten pada 2 tabs
  5. dan pengisian tabs pada menu post myartipena
Testing
  1. Confirm untuk live update di preview
  2. Download apps builder diapps store
  3. Masukan id app preview
  4. Setelah itu preview di aplikasi melalui smartphone

Campus Raharja goes to #RembugWargaKotaTangerang2019

Hallo Sahabat

Tangerang, Selasa 15 Januari 2019, Romzi saat ini ingin bercerita tentang perjalanan Romzi untuk berkontribusi dalam #pengabdianmasyarakat pada acara #RembugWargaKotaTangerang2019, acara #rembugwarga2019 merupakan event dari Bappeda Kota Tangerang, Di tahun 2019 ini pemerintah kota tangerang mengikutsertakan PTS yang ada di Kota Tangerang dan salah satunya yaitu Green Campus STMIK Raharja yang dikoordinatori oleh Bapak Muhammad Yusup, M.Kom. Acara ini tersebar ke berbagai penjuru di kota tangerang. Romzi bersama team yang di dampingi oleh Mamoi mendapatkan lokasi yaitu di Kelurahan Gaga, Larangan, Tangerang

Sudah lama sekali Romzi tidak mendatangi kantor kelurahan kembali, sejauh ini dibayangan Romzi kantor kelurahan tidak mencerminkan kebersihan dan diselubungi oleh asap rokok disetiap sudut, namun tidak demikian dengan Kantor Kelurahan Gaga ini, Kantor Kelurahan ini bisa menjadi salah satu Kantor Kelurahan percontohan, dimana dengan slogan bahwa didalam kawasan Kantor Kelurahan ini bebas dari kawasan bebas asap rokok, benar benar direalisasikan pada kantor kelurahan ini, terlebih lagi dalam kelurahan ini sangat bersih sekali tidak nampak satupun sampah berserakan.

Romzi bersama Team disambut oleh 2 orang yakni Ibu Yulita dan Bapak M. Suhendi, setelah berkenalan Romzi dan Team di ajak masuk ke dalam ruangan Bapak M. Suhendi untuk membahas agenda dan jadwal terselenggaranya acara #rembugwarga2019 serta sharing berbagai hal-hal seperti E-Planning Kota Tangerang, dimana Romzi dan Team mencoba intip apa saja yang ada dalam sistem informasi E-Planning Kota Tangerang

Kesimpulan dari hasil pertemuan hari ini Selasa, 15 Januari 2019 bahwa penjadwalan acara #rembugwarga2019 yang akan di laksanakan pada Kelurahan Gaga mulai pada tanggal Selasa, 15 Januari 2019 sampai dengan Selasa, 22 Januari 2019, terdapat 15 RW yang ada pada  Kelurahan Gaga yang menghadiri acara #rembugwarga2019 kali ini.

Mengulik Menu di App My Aptikom

Hallo Sahabat^^

Tangerang ‚Äď Peluncuran aplikasi MYAPTIKOM¬†bersamaan dengan acara Seminar Nasional dan Pelantikan Pengurus Pusat APTIKOM periode 2018-2022 di Auditorium lantai 12 di Kampus Universitas Gunadarma Karawaci Tangerang pada hari Sabtu 12 Januari 2019 oleh Ketua Umum Prof.Zainal A.Hasibuan dan Sekjen APTIKOM Prof.A.Benny Mutiara dan di saksikan oleh Pembina Prof. Margianti. Aplikasi MYAPTIKOM merupakan aplikasi multifungsi¬†‚Äúconnecting people‚Ä̬†bagi seluruh keluarga besar Aptikom yang ada di seluruh dunia, yang ¬†merupakan terobosan inovasi¬† persembahan Pengurus Pusat APTIKOM periode 2018-2022.

Cara install MYAPTIKOM pada smartphone android juga harus sudah terdaftar Anggota APTIKOM Perorangan maupun instansi, yaitu :
1. Pertama klik Google Play Store;
2. Search MYAPTIKOM;
3. Klik MYAPTIKOM
4. Proses Install.

 

 

 

 

Tampilan awal saat berhasil install My Aptikom yah sebelum lakukan Login. Terdiri dari 3 menu untuk mendaftar identitas diri apakah sebagai Pengurus? Perorangan? atau Institusi? OK Next, yuk kita coba Login PaUR sebagai Perorangan, Apakah yang terjadi.? setelah input No Anggota PaUR dan alhasil gagal.? why? karena PaUR bukan sebagai Perorangan melainkan sebagai Pengurus.  Saat gagal login akan muncul Pop Up text yaitu Nomor Anggota Tidak Valid. 

 

 

 

 

 

 

 

Tampilan Home berhasil Login dalam My Aptikom PaUR.
1. Terdapat tampilan Kartu Pengurus Aptikom.
2. Lengkap dengan informasi profil PaUR.
3. Terdapat Dokumentasi Foto Foto kegiatan dari Aptikom juga sebuah gambar yang bisa di slide gambarnya secara bergantian.


Kelemahannya adalah : 

1. Gambar yang tersedia tidak ada fitur zoom
2. Pastinya setiap halaman home biasanya ada informasi dari news yang paling terbaru.
3. Juga harusnya terdapat news yang banyak dibaca, atau dicomment.

 

 

 

 

 

 

 

Next to Menus Profile,
Pastinya terdapat informasi biodata PaUR
Muncul kembali Kartu Pengurus Aptikom.

 

Kelemahannya adalah : 

1. Profil yang tidak dapat dilakukan Editing
2. ataupun sejenis fitur Print untuk bisa Print Kartu Pengurus Aptikom.
3. Tidak terdapat foto profil user.

 

 

 

 

 

 

Next to Menus News,
Pastinya terdapat News mengenai Aptikom.
2 (dua) News yang terdapat dalam Menu News.
Nah saat news di klik “Read More” secara otomatis akan di direct ke browser Handphone.

 

Kelemahannya adalah : 

1. News hanya sedikit yang ada dalam menus news.
2. Tidak ada kategori news terbaru atau kegiatan yang akan berlangsung.
3. Tidak ada fitur download apabila ada pdf undangan or berkas.

 

 

 

 

 

 

 

Next to Menus My Aptikom,
Terdapat 7 (tujuh) menus.
Diantaranya ada Sejarah APTIKOM, Struktur Organisasi, Kepengurusan, Peraturan/ Tata Tertib, Mars APTIKOM, Pembelian dan Pembayaran dan History Pembelian dan Pembayaran. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menus My Aptikom,
yaitu ada Sejarah APTIKOM
 saat klik menu nya akan otomatis direct ke browser Handphone jadi tidak ada dalam App melainkan dialihkan ke Browser yaaa. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menus My Aptikom,
yaitu ada Struktur Organisasi APTIKOM
 saat klik menu nya akan otomatis direct ke browser Handphone jadi tidak ada dalam App melainkan dialihkan ke Browser ya dan tidak ada fitur download gambar struktur tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menus My Aptikom,
yaitu ada Pengurus Organisasi APTIKOM
 saat klik menu nya akan otomatis direct ke browser Handphone jadi tidak ada dalam App melainkan dialihkan ke Browser ya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menus My Aptikom,
yaitu ada Peraturan Organisasi APTIKOM
¬†saat klik menu nya akan otomatis direct ke browser Handphone jadi tidak ada dalam App melainkan dialihkan ke Browser ya namun ini belum ada isi nya.. #sayangsekalii…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menus My Aptikom,
yaitu ada Mars Organisasi APTIKOM
 saat klik menu nya akan Mars Aptikom merupakan Chord piano, dalam menu ini terlihat pengembang sangat kreatif dengan menambahkan button play untuk memutar Instrumen lagu Mars Aptikom secara langsung Juga ada lirik lagu mars dalam menu tersebut. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menus My Aptikom,
yaitu ada 
Pembelian dan Pembayaran Merupakan Menu untuk perpanjang Kepengurusan Anggota akan ada jelas informasi biaya perpanjangan member aptikom dengan bukti transaksi dilakukan upload.

Ternyata pada proses payment sudah dapat memudahkan Pengguna untuk melakukan pembayaran dengan cara transfer dengan nominal sampai dengan 3 digit trakhir, namun perlu dilakukan proses modernisasi dengan cara menggandeng Fintech (Finance Technology) yang kita dapat menggunakan API untuk disinkronisasi pada proses payment gateway aplikasi, dimana dengan menggandeng Fintech dapat memudahkan proses pembayaran, dikarenakan Pengguna dapat melakukan pembayaran tidak hanya dengan transfer saja, tetapi bisa menggunakan Dompet digital, ataupun Virtual Account.

 

 

 

 

 

SM E-Book – OpenSourceForYou-February_2018

OpenSourceForYou-February_2018
Saran Manajerial

Dikutip dari artikel Open Source For You on February 2018 disusun oleh Ravi Pinto dan Kishore Bhargava, artikel terpublish di Efy Group Publication, sebanyak 108 Halaman yang membahas tentang Sistem Operasi berbasis Opensource. Dalam Artikel kali ini sangat menarik, dalam artikel tersebut menyasar 4 sektor pembaca, mulai dari pembaca umum sampai dengan pembaca dari ruang lingkup pengembang aplikasi, Terlebih lagi sangat bermanfaat untuk kita sebagai Pribadi Raharja secara khusus, karna artikel ini dapat dijadikan referensi perkembangan teknologi khususnya teruntuk pengembang aplikasi berbasis opensource seperti Python, Javascript, Php ataupun framework, dalam salah satu konten dimuat yaitu free tools apa saja yang digunakan untuk sensor biometric dan mathematic logic dimana konten seperti ini dibutuhkan oleh Pribadi Raharja khususnya untuk mengembangkan project yang sudah ada ataupun yang sedang membuatnya. Terlebih khusus untuk Pribadi Raharja Program Studi Sistem Komputer yang bergelut pada dunia opensource seperti Python, serta dalam Artikel ini juga dibahas tentang IoT (Internet of Things) secara mendalam menggunakan tools opensource.

SM E-Book – Dataquest-January_2018

Dataquest-January_2018
Saran Manajerial

Dikutip dari artikel Technologies and trends that will shape Enterprise IT in 2018  disusun oleh Anant Maheshwari, artikel terpublish di A CyberMedia Publication, sebanyak 76 Halaman yang membahas tentang Enterprise IT di tahun 2018.  hari ini, orang memiliki lebih banyak opsi keuangan yang tersedia kepada mereka daripada sebelumnya, menyebabkan lebih sedikit ketergantungan dan keterlibatan dengan bank tradisional. Pada saat yang sama, globalisasi dan pengaturan kompleks itu mendorong kebutuhan lanjutan untuk penyederhanaan dan automation. Bagaimana bank dapat mengubah dan melakukan hal baru ini lingkungan, memuaskan klien dan pemegang saham sama? Tahun 2017 menyaksikan cukup banyak revolusi di Banking dan industri keuangan sejauh integrasi teknologi prihatin. Seiring pertumbuhan ekonomi India, sektor BFSI harus dilengkapi dengan baik untuk ditangani tekanan pasar yang dinamis dan industri yang berkembang pesat kebutuhan. Sudah menjadi keharusan untuk mengubah technologi untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Pergeseran budaya digital, merancang tempat kerja modern yang memanfaatkan digital di kegigihan dan mobilitas yang memungkinkan adalah aspek kunci.

Kami menghadirkan tren teknologi 5 teratas kepada Anda pada 2017 yang memenangkan bisnis, pelanggan dan akhirnya, sukses untuk bank dan lembaga keuangan di India.

  1. kebangkitan Diri: teknologi layanan untuk mitra dan sumers Saluran layanan mandiri tidak hanya dapat mengurangi layanan
    biaya icing untuk perusahaan secara drastis tetapi juga meningkatkan customer. Namun menerapkan layanan mandiri pelanggan saluran adalah proposisi yang menakutkan bagi sebagian besar perusahaan. Dengan Kaizala, aplikasi dan layanan seluler untuk Android, iOS dan telepon Windows, yang dirancang untuk kelompok besar nication dan manajemen kerja, mudah untuk terhubung dan koordinasi kerja dengan seluruh rantai nilai Anda, termasuk karyawan lapangan, vendor, mitra, dan pelanggan di mana pernah mereka.
  2. Perbankan di Cloud: Cloud adalah masa depan progresif sistem perbankan. Solusi produktivitas yang luar biasa, cloud menawarkan keunggulan uniknya pada tiga bank pembuat level lincah dengan cepat meng-upgrade ke teknologi berbasis cloud, menggunakan adopsi pengguna dengan mengidentifikasi kasus penggunaan berbasis pada profil kerja, dan mengubah bisnis berdasarkan proses sejajar dengan alat-alat baru, yang semuanya bersama-sama akan tepat waktu meningkatkan, baik, pengalaman cabang dan pelanggan. Baru-baru ini, bank SBI, bank sektor publik terbesar di Indonesia India telah memilih Office 365, cloud powered solusi tivity dari Microsoft untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi di antara tenaga kerjanya, menangani kebutuhan raksasa perbankan untuk mengubahnya menjadi tempat kerja modern, menyebut ini sebagai penyebaran terbesar di India.
  3. Artificial Intelligence: Artificial intelligence (AI) memiliki potensi untuk mengubah kantor depan dan belakang kantor operasi dengan program yang memperbaiki dirinya sendiri. Dengan informasi jatah sekarang datang dalam berbagai bentuk dan dari berbagai dari sumber, itu adalah perusahaan penting yang menggunakan sistem intelligence yang dibangun sekitar memproses sejumlah besar data yang berbeda.
  4. Inovasi Manajemen basis data dengan Teknologi:Dalam data jasa keuangan adalah bisnis, jadi ini sangat luar biasa mission-critical untuk memiliki data yang tepat untuk menyenangkan pelanggan Anda kelola risiko Anda dan jalankan bisnis Anda. Pria data penuaan memiliki banyak kaitannya dengan  keamanan dan perbankan dan lembaga keuangan sedang berada dalam kelangkaan rahasia informasi yang membutuhkan intervensi teknologi. Stabil dan aplikasi PerbankanEasy berkinerja tinggi, memungkinkan bank kecil hingga menengah untuk menawarkan layanan yang sama dan pengalaman digital seperti kliring terpusat, multisaluran perbankan, perbankan hubungan, dinamika waktu nyata melaporkan, rekonsiliasi antar cabang, menawarkan produk yang menarik produk dan layanan dll. yang diharapkan oleh pelanggan akhir dari bank besar mana pun. Solusi seperti Microsoft Azure dan BankingEasy menawarkan peningkatan kemampuan analitik dan laporan analisis data.
  5. Mobilitas dan otomatisasi: dengan tenaga kerja baru, penting lebih banyak dan lebih mudah bekerja on-the-go, technologi yang memungkinkan mobilitas seperti awan Azure, aplikasi harus memastikan standar mobilitas tinggi saat ini karyawan mengharapkan. Dengan layanan cloud, automation hanya merupakan produk sampingan dari teknologi pemberdayaan yang lebih jauh menurunkan waktu yang dibutuhkan dan kesalahan manusia. Inovasi lebih lanjut dalam teknologi untuk memungkinkan bank-bank di mereka perputaran waktu dan meminimalkan kesalahan, akan menjadi keuntungan besar bagi perbankan dan lembaga keuangan di tahun yang akan datang.

 

SM E-Book – 2016 Principles of Computer Science

2016 Principles of Computer Science
Saran Manajerial

Dikutip dari artikel Principles of Computer Science(2016) disusun oleh by Donald R. Franceschetti, artikel terpublish di Cataloging-In-Publication Data, sebanyak 319 Halaman yang membahas tentang Prinsip Ilmu Komputer. Ilmu Komputer saat ini berkembang sangat pesat di berbagai bidang salah satunya yaitu bidang Robotik tangkas sering mengambil inspirasi dari alam. Biomekanik sangat berguna dalam hal ini, menggabungkan fisika, biologi, dan kimia untuk menggambarkan bagaimana struktur yang membentuk makhluk hidup bekerja. Manusia tidak selalu bisa dibandingkan dengan yang lain. imals ketika datang ke tantangan fisik. Primata seringkali pendaki yang jauh lebih baik. Beruang  banyak lebih kuat, cheetah lebih cepat. Mengapa desain anthrorobot pomorphic jika tubuh manusia, secara fisik istilah, relatif tidak mengesankan? NASA telah mengembangkan dua robot yang berbeda, Robonaut 1 dan 2, itu sangat mirip dengan seseorang dalam setelan ruang angkasa. Ini bukan kebetulan. The Robonaut dirancang untuk memenuhi peran yang sama sebagai daging dan astronot darah, khususnya untuk pekerjaan yang terlalu berbahaya atau membosankan bagi manusia. Yang paling berkomentar fitur yang bisa dimiliki adalah tangannya. Mereka cukup dekat desain dan kemampuan tangan manusia yang dapat digunakan alat yang dirancang untuk tangan manusia tanpa spesial, dengan adanya Prinsip Ilmu Komputer ini dapat Bermanfaat untuk kita dalam mengetahui bahasa yang dimengerti oleh komputer yang berupa simbol-simbol (mnemonics) sebagai representasi dari instruksi kode mesin dengan tujuan agar lebih mudah dipahami oleh manusia sehingga memungkinkan sebuah program komputer, dengan kita dapat memahami instruksi kode mesin tersebut, kita dapat membuat alat seperti robotic yang memberikan manfaat lebih luas lagi untuk kehidupan sehari hari, yang menariknya yaitu kita dapat memahami bahasa mesin yang berupa simbol simbol (mnemonics) merupakan Prinsip Ilmu Komputer yang dapat membuat kita menngendalikan komputer serta mengembangkan komputer menjadi lebih bermanfaat lagi.

 

SM E-Book – 2016 AI (Artificial Intelligence)

2016 AI (Artificial Intelligence)
Saran Manajerial

Dikutip dari artikel¬†Artificial Intelligence¬†disusun oleh by Kathryn Hulick, artikel terpublish di Abdo Publishing, sebanyak 115 Halaman yang terdiri dari 9 chapter yang membahas tentang Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence).¬†Program komputer dengan kekuatan yang cukup bisa, dalam teori, uji hasil dari setiap langkah yang mungkin dan lalu pilih yang terbaik. Sebagai contoh, setelah setiap pemain membuat satu gerakan, ada 400 kemungkinan posisi menghitung. Tapi nomor itu dengan cepat menjadi sangat besar. Duabelas¬†bergerak maju, ada seperempat¬†(1.000.000.000.000.000.000) mungkin¬†game states! 6 Sebagian besar game tersebut¬†negara konyol, dan manusia¬†pemain mengabaikannya Deep Blue punya telah dirancang untuk mengabaikannya juga. Sebuah algoritma mengukur keuntungan dari¬†setiap langkah yang mungkin, dan programnya hanya mengikuti jalur yang paling terlihat menjanjikan. Ketika Deep Blue dikalahkan juara catur Garry Kasparov, mesin bisa mencari 200 juta posisi setiap detik.7 Sekarang, program komputer catur-bermain berkompetisi di turnamen mereka sendiri, dan pemain catur manusia telah belajar strategi baru dari mesin. Ilmuwan komputer yang bekerja pada pengenalan wajah sering menggunakan satu set gambar pelatihan yang disebut Wajah Berlabel di Liar (LFW). Ini adalah satu set 13.000 gambar lebih dari 5.000 berbeda¬†selebriti ‚ÄĒ dari Kelly Clarkson ke Leonardo DiCaprio ke Bill Clinton ‚ÄĒ masing-masing diberi label denganv nama orang.9 itu gambar tersedia secara online gratis untuk membantu melatih atau menguji program AI.¬†Ketika orang rata-rata terlihat di dua wajah yang tidak dikenal dalam data ini¬†mengatur, dia bisa tahu apakah mereka foto¬†dari orang yang sama 97,53 persen waktu. DeepFace tercapai akurasi hampir sama, di 97,35 persen. 10 Tim peneliti di China mengembangkan program AI yang mengalahkan kinerja manusia dan mencapai akurasi 98,52 persen pada kumpulan gambar yang sama. Kita dapat mendapatkan manfaat AI (Artificial Intelligence)¬†Manfaat adanya Kecerdasan adalah untuk mengembangkan metode dan sistem untuk menyelesaikan suatu masalah, yang mana masalah tersebut juga dapat diselesaikan oleh manusia. Misalnya pencarian tempat, bidang bisnis, rumah tangga dan dapat meningkatkan kinerja sistem informasi yang berbasis komputer, yang menarik dari¬†AI (Artificial Intelligence) yakni AI dapat belajar, hal ini di buktikan oleh AI buatan Google yang mampu mengalahkan pembuatnya dalam permainan game Atari. Pada awalnya, AI buatan Google ini tidak mengetahui apa itu permainan Atari sehingga AI tersebut di perintahkan untuk mempelajari permainan itu dengan melakukan 2600 pertandingan Atari sendirian. Hasilnya, AI ini dapat mengalahkan seluruh pemain Atari terbaik di dunia yang merupakan manusia dan¬†AI dapat menjadi lebih pintar dari manusia,¬†Dengan kemampuan AI saat ini yang dapat belajar, bukan tidak mungkin kepintaran AI akan melebihi manusia nantinya. Pada 2013, diketahui bahwa tingkat kepintaran AI sudah menyamai anak berumur 4 tahun. Kemudian pada tahun 2014, kepintaran AI tersebut sudah mengalami peningkatan drastis yaitu dapat memecahkan sebuah masalah yang sangat rumit bernama¬†‚ÄúErdos Discrepancy.‚ÄĚ

 

SKuP Kumpulan SM E-Book

SKuP Kumpulan SM E-Book
NO Nama Ebook Pembuktian
8 SM E-Book – Dataquest-January_2018 Disini
7 SM E-Book – 2016 Principles of Computer Science Disini
6 SM E-Book – 2016 AI (Artificial Intelligence) Disini
5 SM E-Book – Final Pedoman Publikasi_20Juli2017 Disini
4 SM E-Book – Era_Disrupsi_Ebook_6_2017 Disini
3 SM E-Book – Top 10 Strategic Technology Disini
2 SM E-Book – Peta Okupasi, SKNNI Dan KKNI Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi Disini
1 SM E-Book – (Mirae) Gearing up for growth Disini